Mengenal bahan makanan dari kacang kedelai

Mengenal bahan makanan dari kacang kedelai



kedelai

Kedelai yaitu tanaman yang cukup populer. Kedelai adalah bahan makanan yang umum jadi bahan basic beragam olahan khas Asia Timur. Kedelai ini biasanya jadikan bahan makanan olahan seperti kecap, tempe, tahu dan sebagainya. Berdasar pada riset histori, kedelai sudah dibudidayakan mulai sejak 3500 th. lantas pada masa kekaisaran China di Asia Timur. Kacang kedelai terbagi dalam dua type, yaitu kedelai putih serta kedelai hitam. Kedelai hitam umum dipakai untuk bahan basic kecap, sedang kedelai putih umum dipakai juga sebagai bahan basic tahu serta tempe.

kedelai

Pembuatan tahu dikenalkan oleh pendatang dari Tiongkok pada awal saat kejayaan kekaisaran Tiongkok. Kandungan yang dipunyai oleh kedelai telah sangatlah kita kenal mulai sejak lama, yaitu protein nabati yang tinggi. Kedelai juga penghasil minyak nabati yang besar. Negara penghasil kedelai paling besar sekarang ini yaitu Amerika Serikat, sedang di Asia, kedelai semakin banyak dihasilkan oleh China serta Thailand. Asia yang disebut tempat asal kedelai malah alami kemunduran lantaran dengan cara komersial kedelai baru dibudidayakan mulai sejak th. 1910.
Keanekaragaman serta tempat budidaya kedelai

Seperti disinggung dalam paragraf di atas, bahwa kacang kedelai mempunyai dua type yang tidak sama, yaitu salah satunya :

Kedelai hitam (Glycine soja)

Kedelai hitam mempunyai tanaman yang pendek dengan biji didalam polong. Biji kedelai hitam berwarna hitam. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik pada iklim tropis seperti Indonesia serta Asia Tenggara. Kedelai hitam ini adalah bahan baku paling utama kecap manis.

Kedelai putih (Glycine max)

Kedelai putih ini mempunyai tanaman yang sama dengan kedelai hitam, dengan biji didalam polong. Tetapi warna biji kedelai ini dapat putih, hijau atau kekuningan. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di daerah sub-tropis seperti China, Jepang, Amerika Serikat serta seluruhnya daerah yang ada di lintang 23, 5 derajat.

tahu serta tempe dari kedelai
Kandungan kedelai serta product olahan memiliki bahan kedelai

Indonesia yaitu salah satu negara yang penduduknya menggantungkan pemenuhan protein nabati dari kedelai. Biasanya yang umum dipakai juga sebagai bahan makanan yaitu kedelai putih. Kedelai type ini memanglah lebih disukai oleh orang-orang. Intinya, kedelai banyak dipakai oleh manusia di bagian biji. Biji kedelai ini dikatakan sebagai kacang kedelai. Biji kedelai ini banyak terkandung protein serta lemak. Lemak yang dimaksu dalam lemat tidak jemu yang baik untuk badan, bukanlah lemak jemu atau cholesterol. Diluar itu dalam kacang kedelai juga tedapat vitamin, asam fitat serta lesitin yang baik untuk kesehatan manusia.

Biji inilah yang lalu di proses jadi tofu atau tahu yang banyak disukai oleh orang-orang. Kedelai juga di proses jadi tempe yang telah dikira juga sebagai sumber protein untuk kebanyakan orang di Indonesia, dari orang miskin sampai orang kaya. Kacang kedelai juga digunakan untuk difermentasi hingga jadi berbagai saus penyedap seperti kecap, tauco serta tausi. Terkecuali juga sebagai makanan, kacang kedelai juga di proses jadi product minuman. Susu sari kedelai yaitu satu diantaranya. Kandungan gizi pada minuman ini sangatlah tinggi, tak kalah bila dibanding dengan susu yang dihasilkan dari hewan seperti kambing serta sapi.

0 Response to "Mengenal bahan makanan dari kacang kedelai"

Posting Komentar

wdcfawqafwef